Syarat-syarat Sapi Qurban yang Baik

Syarat-syarat Sapi Qurban yang Baik

Syarat Syarat Sapi Qurban. Sebagaimana yang kita ketahui, kurban dalam bahasa Arabnya udh-hiyah memiliki arti yaitu hewan ternak yang disembelih pada hari raya Idul Adha dan hari Tasriq. Hal ini dilakukan untuk mendekatkan diri kepada kepada Allah.

Adapun menyembelih hewan kurban baik itu kambing kurban, domba, sapi kurban, dan unta yang memiliki keutamaan sangat besar terlebih jika memenuhi syarat-syarat sapi qurban dan jenis hewan lainnya, sebagaimana diriwayatkan dalam hadi Nabi Muhammad SAW  bersabda:

”Tidaklah anak Adam melakukan suatu amalan pada hari Nahr (Iedul Adha) yang lebih dicintai oleh Allah melebihi mengalirkan darah (qurban), maka hendaknya kalian merasa senang karenanya.” (HR. Tirmidzi no.1493 dan Ibnu Majah no.3126)”

Syarat Syarat Sapi Qurban

Syarat Sayarat Sapi Qurban dan Unta

Perlu Anda ketahui bahwa seekor sapi kurban untuk 7 orang, sedangkan seekor unta untuk 10 orang. Dari Ibnu Abbas radhiyallahu’anhu beliau menyatakan,

”Dahulu kami penah bersafar bersama Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam, kemudian tibalah hari raya ’Idul Adha dimana kami berserikat untuk seekor sapi sebanyak tujuh orang dan sepuluh orang untuk kurban seekor unta.” (Shahih Sunan Ibnu Majah No. 2536, Al-Wajiz, hal. 406).

Dari segi pahala, ketentuan kurban sapi ini sama dengan ketentuan kurban kambing. Dimana memiliki arti tujuh orang patungan untuk kurban seekor sapi, maka pahalanya mencakup seluruh anggota keluarga dari tujuh orang yang ikut patungan tersebut.

Usia Sapi Kurban dan Unta

Sebagaimana Jabir radliallahu ‘anhu meriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

“Janganlah kalian sesekali menyembelih (kurban) kecuali musinnah. Kecuali jika itu menyulitkan bagi kalian maka kalian boleh menyembelih domba jadza’ah.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Sedangkan Uqbah bin Amir radliallahu ‘anhu, mengatakan

“Kami pernah berkurban bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan menggunakan domba jadza’ah” (HR. Nasa’i 4382, Al-Hafidz Ibn Hajar mengatakan, “Sanadnya kuat. Hadis ini dishahihkan Al-Albani dalam shahih sunan Nasa’i).

Tahukah Anda bahwa hewan musinnah adalah hewan yang sudah memasuki usia dewasa. Hewan tersebut disebut musinnah, yang mana berasal dari kata sinnun yang artinya gigi. Ketika hewan ini menginjak usia musinnah, maka akan ada giginya yang tanggal. Sedangkan, untuk usia dibawah musinnah disebut  usia jadza’ah.

Adapun usia musinnah sapi kurban dan unta adalah sebagai berikut:

Musinnah untuk seekor sapi ialah pada umur dua tahun, menurut Madzhab Hanafi, Syafi’i, dan Hanbali. Sedangkan menurut Malikiyah, dikatakan musinnah jika seekor sapi telah berusia tiga tahun.

Musinnah untuk seekor unta ialah unta yang genap berusia lima tahun, menurut Hanafiyah, Malikiyah, Syafi’iyah, dan juga Hanbali.

Ikut Patungan Sapi Kurban dan Kurban Satu Kambing, Mana yang Lebih Baik?

Sebagian ulama berpendapat bahwa kurban satu kambing lebih baik dari pada ikut patungan sapi atau unta. Hal ini dikarenakan tujuh ekor kambing manfaatnya lebih banyak dibandingkan seekor sapi (Shahih Fiqh Sunnah, 2:375, Fatwa Lajnah Daimah No. 1149 dan Syarhul Mumthi’ 7:458).

Sedangkan, Imam As Saerozi Asy-Syafi’i mengatakan, “Kambing seekor (sendirian) lebih baik dari pada patungan sapi tujuh orang. Karena dia mampu menumpahkan darah (menyembelih) sendirian.” (Al Muhadzab 1/74)

Cacat Sapi Qurban

Ada 3 macam cacat hewan kurban:

Dimana cacat yang menyebabkan tidak sah untuk digunakan berkurban diriwayatkan dalam sebuah hadits dari Al-Barra’ bin Azib radliallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda:

 

Ada empat jenis hewan yang tidak diperbolehkan dijadikan sebagai kurban: buta sebelah yang jelas butanya, sakit yang jelas sakitnya, pincang yang jelas pincangnya saat berjalan, serta hewan yang sangat kurus bagaikan tidak memiliki sumsum.” (HR. Nasa’i, Abu Daud dan dishahihkan Al-Albani).

Untuk membeli sapi Qurban Sesuai Syariat, Anda bisa melihatnya disini

Demikian Syarat Syarat Sapi Qurban yang baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *