Keberkahan Daging Kambing

Keberkahan daging kambing ternyata banyak sekali. Berbicara daging kambing tentu tidak lepas dari anggapan bahwa daging kambing merupakan salah satu penyebab utama dari penyakit kolesterol dan darah tinggi. Padahal jika diolah dengan benar dan dikosumsi tidak berlebihan daging kambing memiliki beragam manfaat dan berkah bagi manusia khususnya kaum muslimin.

Beberapa Ayat yang Menjelaskan Keberkahan Daging Kambing

 

Hal ini dijelaskan Allah dalam QS Al-Mu’minun:21 yang berbunyi:

وَإِنَّ لَكُمْ فِي الْأَنْعَامِ لَعِبْرَةً ۖ نُسْقِيكُمْ مِمَّا فِي بُطُونِهَا وَلَكُمْ فِيهَا مَنَافِعُ كَثِيرَةٌ وَمِنْهَا تَأْكُلُونَ

“Dan Sesungguhnya pada binatang-binatang ternak, benar-benar terdapat pelajaran yang penting bagi kamu, Kami memberi minum kamu dari air susu yang ada dalam perutnya, dan (juga) pada binatang-binatang ternak itu terdapat faedah yang banyak untuk kamu, dan sebagian daripadanya kamu makan”.

Dimana Letak Keberkahan Daging Kambing?

Selain dalam surat Al-Mu’minun keberkahan daging kambing juga dijelaskan Nabi Muhammad SAW dalam sabdanya yaitu:

تخذوا الغنم فإن فيها بركة

” Peliharalah (manfaatkan) oleh kalian kambing kerana di dalamnya terdapat barakah”

Selain pada dagingnya keberkahan juga terdapat pada susu dan kulitnya. Susu kambing merupakan sumber vitamin yan tidak kalah dengan susu sapi, selain itu kulitnya bisa dijadikan bahan baku pembuatan sepatu, tas, atau pakaian. Ahli tafsir Al-Qurthubi rahimahullah menjelaskan

و جعل البركة في الغنم لما فيها من اللباس والطعام والشراب وكثرة الأولاد، فإنها تلد في العام ثلاث مرات إلى ما يتبعها من السكينة، وتحمل صاحبها عليه من خفض الجناح ولين الجانب

Allah telah menjadikan berkah pada kambing di mana kambing bisa dimanfaatkan untuk pakaian, makanan, minuman, banyaknya anak, karena kambing beranak tiga kali dalam setahun, sehingga memberikan ketenangan bagi pemiliknya. Kambing juga membuat pemiliknya rendah hati dan lembut terhadap orang lain”.

Keberkahan pada kambing ternyata juga tidak hanya terdapat pada daging susu ataupun kulitnya saja, namun lebih itu ternyata Allah SWT menjadikan kambing sebagai contoh untuk kaum muslimin dalam beribadah.

Seperti yang terdapat pada kisah yang dialami oleh Syaikh Ibrahim bin Adham radhialllahu anhu. Suatu ketika Syaikh Ibrahim terlibat debat sengit dengan salah seorang Kafir Zindiq yang tidak percaya eksistensi barokah.

Kafir Zindiq itu berkata, “Yang namanya barokah itu tidak ada dan hanya sebuah mitos”. Mendengar hal itu, Syaikh Ibrahim kemudian menanggapi pernyataan Kafir Zindiq tersebut.

Syaikh Ibrahim: Pernahkah Anda melihat anjing dan kambing?

Kafir Zindiq: Tentu Pernah.

Syaikh Ibrahim: Mana dari kedua hewan tersebut yang lebih sering berkembang biak dan melahirkan lebih banyak anak?

Kafir Zindiq: Sudah pasti anjing, sekali melahirkan anjing bisa melahirkan sampai 7 anak sekaligus sedangkan kambing hanya mampu melahirkan maksimal 3 anak saja.

Syaikh Ibrahim: Mana yang lebih banyak jumlahya di lingkunganmu apakah anjing atau kambing?

Kafir Zindiq: Aku lihat kambing jumlahnya lebih banyak ketimbang anjing.

Syaikh Ibrahim: Bukankah kambing itu lebih sering disembelih ketimbang anjing, lalu kenapa kambing tidak bisa punah dan justru jumlahnya semakin melebihi anjing?

Kafir Zindiq hanya terdiam mendengar penjelasan Syaikh Ibrahim.

Syaikh Adam: Begitulah gambaran berkah

Kafir Zindiq: Kalau begitu, kenapa justrukambing yang mendapat berkah bukan anjing?

Syaikh Ibrahim kemudian menutup dialog itu dengan jawaban yang cerdas; karena kambing memilih tidur lebih awal dan selalu bangun lebih pagi, disaat itulah ia mendapati waktu yang penuh rahmat sehingga berkah diturunkan padanya. Beda dengan anjing yang selalu menggonggong sepanjang malam, tetapi ketika fajar ia malah tertidur dan melewati turunnya kucuran kucuran rahmat.

Kisah tersebut merupakan salah satu contoh keberkahan yang terdapat pada kambing baik itu dagingnya, susunya, kulitnya, bahkan tingkah lakunya. Semoga kita selalu diberi rahmat dan berkah oleh Allah SWT sebagaimana Ia memberi rahmat dan berokah pada hambanya yang lain.    

Ternyata, cukup banyak bukan keberkahan dari daging kambing ini? Yuk mulai konsumsi daging kambing dan hilangkan stigma buruk mengenai daging kambing.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *