Jenis Jenis Domba Yang Banyak Digunakan Sebagai Binatang Qurban

Jenis Jenis Domba Yang Banyak Digunakan Sebagai Binatang Qurban

 

Jenis-jenis domba menjadi pilihan bagi sebagian orang pada sebuah negara berhawa dingin. Meskipun di Indonesia pun juga ada orang yang menggunakan domba sebagai hewan qurban. Namun memang kebanyakan dari orang yang akan berqurban di Indonesia, umumnya menggunakan kambing lokal.

Dalam proses qurban senantiasa bagi seorang muslim melaksanakan ibadah qurban di seluruh dunia tanpa terkecuali. Ketika seorang muslim tidak melaksanakan ibadah qurban tanpa alasan yang jelas, maka akan berakibat tidak mendapatkan rahmat Allah SWT. Oleh karena itu, pada masa ibadah idul adha senantiasa akan banyak jenis hewan yang akan bisa dipilih oleh orang muslim.

Jenis-Jenis Domba Di Indonesia

  1. Domba Garut

Jenis-jenis domba ada beberapa macam di indonesia, sebagai domba langganan pada saat ibadah qurban telah tiba. Secara rasa dan proses pemeliharan antara domba dan kambing memang tidak terlalu berbeda, namun memang pada saat pemeliharaan lebih mudah kambing lokal pada umumnya karena terkait suhu dan imunitas terhadap penyakit.

Jenis Jenis Domba

 

Domba garut ini memiliki ciri khusus daging yang besar dan banyak, tentunya domba jenis ini sering dijadikan bahan untuk mengolah makanan sate ataupun sejenisnya pada sebuah restoran. Selain itu juga daging ini memiliki kadar lemak yang tidak terlalu banyak, sehingga sangatlah baik digunakan sebagai bahan makanan ataupun binatang qurban.

 

  1. Domba Texel Wonosobo

Wonosobo terkenal dengan suhu yang dingin, sehingga layak banyak peternak domba texel yang membudidayakannya. Kita ketahui bersama jika domba itu sejatinya bisa berkembang secara baik pada suhu dingin, kecuali memang telah dibudidayakan melalui proses penyilangan. Maka akan bisa mengikuti karakteristik hewan lokal khas Indonesia.

 

Domba texel ini memiliki ciri khusus tubuh yang tegap dan besar. Namun jika dibandingkan dengan domba garut sedikit lebih kecil. Domba-domba yang ada di indonesia ini memang kebanyakan buah dari hasil penyilangan, sehingga jenis domba yang dijadikan penyilangan ini akan menghasilkan domba spesies baru yang tidak bisa ditebak jenis nya, pada saat dilahirkan.

  1. Domba Batur Banjarnegara

Domba batur Banjarnegara juga termasuk ke dalam lokasi pembudidayaan dengan suhu yang dingin. Bisa domba dikembangkan pada suhu tropis, tetapi pada saat terjadi serangan penyakit maka akan sangat sulit dalam proses pemeliharaannya. Maka memang kebanyakan pengembangan ada di daerah yang berhawa dingin, salah satunya Banjarnegara.

 

Domba ini memiliki ciri khusus bulu yang halus dan daging yang tebal. Selain itu juga fisik yang kuat serta kekar. Domba ini sering dijadikan sarana bagi para petani untuk dijadikan hewan pengangkut barang karena fisik nya yang kuat. Domba ini juga buah dari kawin silang dengan kambing lokal. Sehingga bisa beradaptasi dengan daerah yang kadang bercuaca panas.

  1. Domba Ekor Tipis

Domba yang satu ini sangatlah awam di kalangan masyarakat Indonesia. Salah satu ciri dan keunikan dari domba ini yaitu bulu berwarna putih, yang dengan tektur yang tidak beraturan. Maksudnya tidak beraturan yaitu keriting dan mudah kotor, sehingga bagi orang yang memelihara domba ini diharuskan gemar untuk memandikannya.

 

Domba ini termaduk domba yang mudah dalam proses pemeliharaannya. Namun imunitas tubuh yang dimiliki dari domba ini sangatlah rendah, sehingga rentan terkena penyakit. Yang diunggulkan dari domba ini yaitu proses pembesarannya yang cukup singkat, sehingga menjadi solusi bagi para orang yang mencari daging domba dengan harga yang terjangkau.

Jenis jenis Domba

Jika Anda belum hobi makan kambing, mugkin Anda bisa membaca artikel berikut

Ayo Makan Kambing

 

Demikian Artikel Jenis Jenis Domba di indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *